adsenseG

Monday, November 28, 2016

Beberapa pandangan menurut pakar tentang pentingnya PAUD

Konsep keilmuan PAUD bersifar isomorfis , artinya kerangka keilmuan PAUD dibangun dari interdisiplin ilmu yang merupakan gabungan dari bebrP aisiplin ilmu, diantaranya psikologi, fisiologi, sosiologi, ilmu pendidikan anak, entropologi, humaniora, kesehatan,dan gizi serta neuri-sains atau ilmu tentang perkembangan otak manusia (Yuliani, 2009, 10)

Berdasaarkan tinjauan secara psikologi dan ilmu pendidikan, masa usia dini merupakan masa peletakan dasaratau fondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Apa yang diteri,a anak pada masa usia dini, apakah itu makanan, minuman , serta stimulasi dari lingkungannya memberikan kontribusi yang sangat besar pada pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa itu dan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.

Pertumbuhan dan perkembangan anak tidak dapat dilepaskan kaitanya dengan perkembangan struktur otak. Dari segi empiris banyak sekalipenelitian yang menyimpulkan bahwa pendidikan anak usia dini sangat penting. Karena pada waktu manusia dilahirkan , menurut Clark (dalam Yuliani 2009) kelengkapan organisasi otaknya mencapai 100-200 milyar sel otak yang siap dikembangkan dan diaktualisasikan untuk mencapai tingkt perkembangan optimal, tetapi hasil penelitian menyatakan bahwa hanya 5% potensi otak yang terpakai karena kurangnya stimulasi yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi otak.

Usia dini 9lahir- 6 tahun) merupakan masa perkembangan dan pertumbuhan yang sangat menentukan bagi anak di masa depanya atau disebut juga masa keemasan (the golden age) namun sekaligus periode yang sangat kritis yang menentukan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.

Hasil penelitian/kajian ilmiah dibidang Neorologi oleh osbon White. Bloom menyatakn bahwa perkembangan intelektual kecerdasan anak pada usia:
a. 0- 4taahun mencapai 50%
b. 0- 8tahun mencapai 80%
c. 0-18 tahun mencapai 100%

Sedangkan perkembangan fisik otak anak pada usia:
a. 0 tahun mencapai 25%
b. 6 tahun mencapai 85%
c. 12 tahun mencapai 100%

Jadi anggapan bahwa pendidikan baru bisa dimulai setelah usia SD tidak benar , bahkan pendidikan yang dimulai pada usia TK(4-6 tahun) pun sebenarnya pun sudah terlambat.

No comments:

Post a Comment