adsenseG

Saturday, November 26, 2016

Landasan Filosofi PAUD menurutJean Piaget dan Lev Vigotsky

Pandangan kontruktivis dimonitori oleh 2 orang ahli psikologi yaitu  Piaget dan Lev Vigotsky. Pada dsarnya paham kontruktivis ini mempunyai asumsi bahwa anak adalah pembangun pengetahuan yang aktif. Anak menontruksi/membangun pengetahuan berdasarkan pengalamannya.

Pengetahuan tersebut diperoleh anak dengan cara membangunya sendiri secara aktif melalui interaksi yang dilakukanya dengan lingkungan.

Menurut paham ni anak bukanlah individu yang bersifat pasif , yang hanya menerima pengetahuanya dari orang lain. Anak adalah mahkluk belajar yang aktif yang dapat mengkreasi/mencipta dan membnguan pengetahuanya sendiri.

Para ahli kontruktif meyakini bahwa pembelajaran terjadi saat anak memahami dunia disekeliling mereka. Pembelajaran menjadi proses interaktif yang elibatkan teman sebaya anak, orang dewasa dan lingkunan. Anak membangun pemahaman mereka sendiri terhadap dunia. Mereka memahami apa yang terjadi disekeliling mereka dengan mensintesa pengalaman-pengalaman baru dengan apa yang telah mereka pahami sebelumnya.

Contoh berikut ini akan membantu anda untuk memahami pandangan ini. Seorang anak TK yang keluarganya memiliki seekor anjing berjalan-jalan mengendarai mobil bersama keluarganya. Mereka melintasi seekor sapi disekitar lapangan. Anak itu menunjuk dan mengatakan "anjing". Orang tuanya mmberitahukan kepada anak bahwa itu bukanlah anjing melainkan sapi dan sapi berbeda dengan anjing. Informasi yang baru tersebutakan dicerna dengan apa yang telah diketahui dan penyesuaian mental akan terbentuk.

No comments:

Post a Comment