Kebutuhan-Kebutuhan dasar Yang harus Dipenuhi Agar tumbuh Kembang anak menjadi Optimal yaitu:
1. FISIK-BIOLOGIS
Sejak dalam kandungan hingga dewasa anak harus mendapatkan kasih sayang agar emosinya berkembang, dengan cara:
1. FISIK-BIOLOGIS
- Nutrisi yang harus didapat sejak dalam kandungan berupa menu seimbang (protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, air)
- Imunisasi (sejak lahir hingga 18 tahun) bermanfaat umtuk mencegah penyakit hingga sakit berat (Hepatitis B, BCG, DPT, Polio, Campak, HIB, MMR)M
- Kebersihan badan (cuci tangan, potong kuku, mandi teratur, membersihkan diri setelah BAK/BAB, cuci rambut) . Makanan dan peralatan hygieni dan sanitasi lingkungan, rumah, sekolah.
- Pelayanan kegiatan pemantauan tumbuh kembang, deteksi dini gangguan tumbuh kembang, melalui pemanfaatan pelayanan posyandu, puskesmas, dan dokter pribadi.
- Aktivitas fisik: untuk merangsang hormon pertumbuhan , nafsu makan, proses pengaturan dan penguraian karbohidrat, lemak dan protein, merangsang pertumbuhan otot dan tulang, merangsang perkembangan ketrampilan anak.
2. Kasih Sayang- Emosi
Sejak dalam kandungan hingga dewasa anak harus mendapatkan kasih sayang agar emosinya berkembang, dengan cara:
- Memberikan rasa nyaman , aman dan perlindungan.
- Memperhatikan minat, keinginn, dan pendapatnya
- Memberikan contoh ( bukan memaksa)
- Membantu mendorong dan menghargai/menciptakan suasana gembira memberikan pemahaman atas kesalahan yang diperbuat anak, bukan dengan mengancam/menghukum. Mengasuh secara demokratis.
- Memperhatikan temperamen yang dimiliki anak (apakah ank itu penurut , susah diatur atau pemalu)
Stimulasi merupakan suatu proses masuknya rangsangan ke otak yang
dilakukan secara sadar melalui panca indra secara khusus atau beragam
dari lingkungan sekitar yang telah dibuat atau secara alami.
Yang pertama memperoleh rangsanagan adalah otak untuk membuat
hubungan antar sel otak [sinaps].sejak dalam kandungan usia 6 bulan
sudah milyaran sel otak terbentuk namun belum ada hubungan antar sel
otak tersebut.apabila sel-el otak tersebut diberi rangsangan maka akan
terbentuk hubungan yang bermakna,sehingga semakin sering dirangsang maka
hubungan itu akan semakin kokoh dan semakin banyak variasi rangsangan
yang diberikan maka hubungan yang terjadi semakin kompleks/luas dapat
merangsang otak kiri dan kanan sehingga berkembang kecerdasan jamaknya.
Adapun aspek perkembangan yang harus distimulasiadlah fisik
melalui gerakan motorik kasar dan halus,kecerdasan, seni ,bahasa ,sosial
emosional,nilai keagamaan dan moralserta kemandirian.
cara yang dipergunakan untuk menstimulasi anak sangatlah beragam dan
itu harus dilakukan setiap saat setiap kali berinteraksi dengan
anak.stimulasi sudah dapat dilakukan sejak janin berusia 23 minggu.
dalam menstimulasi/merangsang perkembangan anak , pendidikan harus
mengenal sifat-sifat dari otak kiri dan kanan anak didik.
CIRI - CIRI OTAK KIRI
- Cara berfikirnya mengerucut (konvergen)
- berkaitan dengan angka dan berhitung
- rasional
- berkaitan dengan tata bahasa, kemampuan membaca dan menulis
- Cara berfikirnya secara meluas (divergen)
- imajinasi
- kreatifitas
- seni
- musik
- bernyanyi
- sosial emosional
- spiritual
Penggunaan otak kanan dan otak kiri secara berimbang dapat mengoptimalkan potensi otak seseorang.demikian juga dengan adanya perspektif kacerdasan jamak (multiple intellegences).kecerdasan jamak yang mencakup kecerdasan kinestetik, bahasa, matematika, interpersonal, intrapersonal, musik, spasial, naturalis, dan eksistensi juga memberikan pengaruh yang sangat bermakna terhadap pengembangan potensi yang dimiliki seorang anak.
No comments:
Post a Comment