adsenseG

Friday, December 2, 2016

Kebutuhan-Kebutuhan dasar Yang harus Dipenuhi Agar tumbuh Kembang anak menjadi Optimal

Kebutuhan-Kebutuhan dasar Yang harus Dipenuhi Agar tumbuh Kembang anak menjadi Optimal yaitu:
 1. FISIK-BIOLOGIS
  • Nutrisi yang harus didapat sejak dalam kandungan berupa menu seimbang (protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, air)
  • Imunisasi (sejak lahir hingga 18 tahun) bermanfaat umtuk mencegah penyakit hingga sakit berat (Hepatitis B, BCG, DPT, Polio, Campak, HIB, MMR)M
  • Kebersihan badan (cuci tangan, potong kuku, mandi teratur, membersihkan diri setelah BAK/BAB, cuci rambut) . Makanan dan peralatan hygieni dan sanitasi lingkungan, rumah, sekolah.
  • Pelayanan kegiatan pemantauan tumbuh kembang, deteksi dini gangguan tumbuh kembang, melalui pemanfaatan pelayanan posyandu, puskesmas, dan dokter pribadi.
  • Aktivitas fisik: untuk merangsang hormon pertumbuhan , nafsu makan, proses pengaturan dan penguraian karbohidrat, lemak dan protein, merangsang pertumbuhan otot dan tulang, merangsang perkembangan ketrampilan anak.
2.  Kasih Sayang- Emosi

Sejak dalam kandungan hingga dewasa anak harus mendapatkan kasih sayang agar emosinya berkembang, dengan cara:
  • Memberikan rasa nyaman , aman dan perlindungan.
  • Memperhatikan minat, keinginn, dan pendapatnya
  • Memberikan contoh ( bukan memaksa)
  • Membantu mendorong dan menghargai/menciptakan suasana gembira memberikan pemahaman atas kesalahan yang diperbuat anak, bukan dengan mengancam/menghukum. Mengasuh secara demokratis.
  • Memperhatikan temperamen yang dimiliki anak (apakah ank itu penurut , susah diatur atau pemalu)
3. STIMULASI/RANGSANGAN

         Stimulasi merupakan suatu proses masuknya rangsangan ke otak yang dilakukan secara sadar melalui panca indra secara khusus atau beragam dari lingkungan sekitar yang telah dibuat atau secara alami.

         Yang pertama memperoleh rangsanagan adalah otak untuk membuat  hubungan antar sel otak [sinaps].sejak dalam kandungan usia 6 bulan sudah milyaran sel otak terbentuk namun belum ada hubungan antar sel otak tersebut.apabila sel-el otak tersebut diberi rangsangan maka akan terbentuk hubungan yang bermakna,sehingga semakin sering dirangsang maka hubungan itu akan semakin kokoh dan semakin banyak variasi rangsangan yang diberikan maka hubungan yang terjadi semakin kompleks/luas dapat merangsang otak kiri dan kanan sehingga berkembang kecerdasan jamaknya.

             Adapun aspek perkembangan yang harus distimulasiadlah fisik melalui gerakan motorik kasar dan halus,kecerdasan, seni ,bahasa ,sosial emosional,nilai keagamaan dan moralserta kemandirian.

             cara yang dipergunakan untuk menstimulasi anak sangatlah beragam dan itu harus dilakukan setiap saat setiap kali berinteraksi dengan anak.stimulasi sudah dapat dilakukan sejak janin berusia 23 minggu.

             dalam menstimulasi/merangsang perkembangan anak , pendidikan harus mengenal sifat-sifat dari otak kiri dan kanan anak didik.
    CIRI - CIRI OTAK KIRI
  • Cara berfikirnya mengerucut (konvergen)
  • berkaitan dengan angka dan berhitung
  • rasional
  • berkaitan dengan tata bahasa, kemampuan membaca dan menulis
     CIRI - CIRI DARI OTAK KANAN
  • Cara berfikirnya secara meluas (divergen)
  • imajinasi
  • kreatifitas
  • seni
  • musik 
  • bernyanyi
  • sosial emosional
  • spiritual
          Penggunaan otak kanan dan otak kiri secara berimbang dapat mengoptimalkan potensi otak seseorang.demikian juga dengan adanya perspektif kacerdasan jamak (multiple intellegences).kecerdasan jamak yang mencakup kecerdasan kinestetik, bahasa, matematika, interpersonal, intrapersonal, musik, spasial, naturalis, dan eksistensi juga memberikan pengaruh yang sangat bermakna terhadap pengembangan potensi yang dimiliki seorang anak.

No comments:

Post a Comment